Featured

Pulih dari Gangguan, Layanan Paspor di Lingga Kembali Normal

BERITA PRMN 57

Seminggu setelah gangguan pada Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berhasil diatasi, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep memastikan bahwa seluruh layanan keimigrasian di wilayah kerjanya kembali berfungsi dengan baik. Masyarakat yang sempat terkendala dalam pengurusan layanan keimigrasian kini dapat bernapas lega.

Gangguan pada PDN Kemenkominfo sempat mempengaruhi layanan keimigrasian di seluruh Indonesia, termasuk di Dabo Singkep. Namun, dalam satu minggu terakhir, layanan sudah mencapai kondisi yang membaik, memungkinkan masyarakat kembali mengakses berbagai layanan keimigrasian tanpa hambatan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep, Yanto Ardianto, melalui Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Budi Irawan, menegaskan bahwa layanan saat ini telah berjalan normal seperti sedia kala.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Budi Irawan

“Masyarakat, khususnya yang berdomisili di Kabupaten Lingga, sudah tidak perlu khawatir lagi, apalagi yang hendak mengurus paspor. Semua sudah lancar. Aplikasi M-Paspor, pembayaran PNBP paspor, dan penyelesaiannya semua sudah tidak ada kendala,” ujar Budi Irawan pada Selasa, 16 Juli 2024.

Selain layanan paspor, Budi menambahkan bahwa layanan keimigrasian lainnya, seperti Izin Tinggal bagi orang asing dan pelaporan orang asing, juga telah beroperasi normal.

“Ini tentu menjadi kabar baik bagi masyarakat yang sempat khawatir akibat gangguan layanan,” tambahnya.

Sebagai langkah antisipatif, Budi Irawan juga menghimbau kepada masyarakat untuk segera melaporkan jika ada kendala terkait pelayanan keimigrasian.

“Silakan disampaikan kendalanya melalui nomor pelayanan kita, atau bisa juga melalui akun media sosial. Akan segera kita tindaklanjuti,” tegas Budi.

Serangan ransomware yang menyerang PDN Kemenkominfo dua minggu lalu sempat melumpuhkan berbagai layanan pemerintah, termasuk layanan keimigrasian. Kejadian ini menarik perhatian publik setelah pihak peretas meminta maaf dan memberikan kunci pemulihan kepada pemerintah.

Dalam kesempatan yang sama, Budi juga membeberkan data permohonan paspor di Kantor Imigrasi Dabo Singkep dari Januari hingga Juni 2024. “Total permohonan paspor sepanjang Januari hingga Juni 2024 sebanyak 1.029,” ungkapnya. Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Januari: 186 pelamar
  • Februari: 178 pelamar
  • Maret: 97 pelamar
  • April: 166 pelamar
  • Mei: 239 pelamar
  • Juni: 163 pelamar

Dengan layanan yang kembali normal, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan keimigrasian demi kenyamanan dan kepuasan masyarakat. Mereka berharap tidak ada lagi hambatan yang mengganggu proses pengurusan dokumen keimigrasian di masa depan.

 

 logo_2025.jpeg
 

KANTOR IMIGRASI KELAS II NON TPI DABO SINGKEP

Kantor Wilayah Direktorat Jendral Imigrasi Kepulauan Riau

PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Kartini No.53, Kelurahan Dabo, Kec. Singkep, Kab. Lingga, Kepulauan Riau 29871
PikPng.com phone icon png 604605   082286436438
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    knm.dabosingkep@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    knm.dabosingkep@kemenkumham.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo_imigrasi_2025.jpeg
KANTOR IMIGRASI KELAS II NON TPI
DABO SINGKEP
PROV. KEPULAUAN RIAU


      linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. Kartini No.53, Kelurahan Dabo, Kec. Singkep, Kab. Lingga, Kepulauan Riau 29871
  082286436438
  knm.imigrasidabosingkep@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   knm.imigrasidabosingkep@kemenkumham.go.id

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI